navigasi

Prakata

Apa itu komputer ?
Sudah banyak definisi mengenai komputer ini yang bisa kita lihat di berbagai website tutorial yang ada di google ataupun dalam buku literatur yang beredar di toko-toko buku.
Tetapi ada baiknya kita sedikit membuka kembali ingatan kita tentang apa itu komputer?

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data melalui unit pengolah pusat atau Central Processing Unit (CPU), disinilah tempat pengolahan data
dimulai atau diproses setelah menerima perintah dari pemakai komputer atau dengan kata sederhana komputer adalah alat penerima input (pemakai komputer) lalu diolah dalam perangkat CPU dan menghasilkan output
serta dapat menyimpat output atau hasil tersebut di dalam storage (fungsi komputer yang tidak memerlukan input, karena ia menyimpat data sebagai output/hasil yang disimpan oleh pengguna).

Jelaslah diatas tadi bahwa komputer terdiri dari tiga unsur yaitu : 1. alat input, 2. alat output, 3. alat storage.
sehingga komputer juga dapat dipilah menjadi bagian-bagian berupa input berbentuk software (perangkat lunak/program komputer).
Alat output adalah alat pengolahan data yang diterima dari input yang dikirimkan oleh pengguna komputer dan bentuk alat ini berupa
hardware komputer (perangkat keras) termasuk didalamnya alat untuk menyimpan atau sebagai storage dari input dan output tadi.

Pengenalan komputer diatas sebagai dasar dari kita untuk dapat memahami apa dan bagaimana komputer itu.
Sehingga dengan demikian kita dapat menunjukkan alat apa saja yang ada dalam sebuah komputer.
Seperti halnya diawal kita bahas tadi komputer itu terdiri dari Software dan hardware, dengan demikian kita dapat menentukan apa saja keperluan dalam membangun atau membuat atau tepatnya merakit sebuah komputer.

Hardware dan Software adalah satu kesatuan yang utuh dalam sebuah komputer yang berarti tanpa salah satu darinya, benda tersebut tidak dapat kita katakan sebuah komputer atau sebuah komputer tapi tidak dapat bekerja dengan baik.
Hardware tanpa software adalah sebuah onggokan benda tanpa arti
Software tanpa Hardware adalah kepingan benda tanpa arti

Struktur Komputer
Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita akan mereka-reka dulu sebuah bagan atau struktur yang harus dipenuhi oleh sebuah perangkat komputer.
Sudah dijelaskan tadi Kinerja komputer adalah sebuah interaksi antara input-output serta storage diantaranya.
Hal ini secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :



Dalam proses input data disini, terlibat kinerja/kerjasama antara software dan hardware kemudian kinerja tersebut dilanjutkan dalam pengolahan data/input yang kemudian menghasilkan output dan atau dapat disimpan hasilnya dalam storage.

Adapun jenis alat input, output dan storage dapat dilihat dibawah ini :

Alat input/input device :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Console PS2
4. Operating System (keterlibatan OS sebagai alat input device)
5. Bluetooth, Infrared
6. Flashdisk


Alat pengolahan data atau storage :
1. Terhimpun dalam 1 unit perangkat yang disebut CPU (akan dijelaskan dalam artikel selanjutnya)
2. OS (keterlibatan OS sebagai pengolah data, termasuk didalamnya software pemograman seperti win word, excel, photoshop, coreldraw dll)


Alat Output/Output device :
1. Monitor
2. Speaker/Headset
3. Printer


Demikian selayang pandang mengenai komputer, selanjutnya akan dibahas mengenai permasalahan seputar merakit komputer mulai dari penjelasan setiap komponen yang diperlukan hingga bagaimana cara merakit komputer canggih yang bisa kita dapatkan dengan pemilihan komponen dari produk Intel maupun AMD. Termasuk didalamnya apa dan bagaimana cara memilih komponen yang tepat dan cepat untuk membuat komputer rakitan yang kita inginkan, dimana setiap spesifikasinya akan dibahas secara terperinci.
Silahkan ikuti setiap perkembangannya hanya di blog ini.

1 komentar:

Silahkan berikan komentar dan sampaikan jika ada pertanyaan seputar artikel, kami akan menjawab sampai kalian benar-benar mengerti dan memahami.

FACEBOOK

TWEETER

YOUTUBE

Webmaster

Alexa