navigasi

Mulai Merakit Komputer

Setelah acara belanja di Mall Rongsok kemarin (Artikel sebelumnya) hasilnya cukup lumayan. Memang tak terlalu memenuhi hasrat dan keinginan yang sudah dicanangkan, tetapi belanja tempat seperti Mall Rongsokan sifatnya untung-untungan, kalau dapat yang kita cari dan pas spesifikasinya, berarti kita lagi beruntung, kalau ga ketemu, ya mesti sabar bang!

Apa yang didapat guna keperluan merakit komputer?
Keyboard bekas, Harddisk bekas, Casing bekas, monitor bekas, Motherboard bekas dan Power supply bekas, hanya itu, Masih beruntung pedagang lapak mengatakan semua masih berfungsi dengan baik, ya semoga saja.
Masih ada kekurangannya, apa itu? Mouse, speaker/headset, processor dan memory.
Lalu apa yang harus kita lakukan?
Googling atau berselancar di dunia google, mencari barang-barang yang kita perlukan diatas.
Bisa dengan 'kata kunci" : belanja online, atau "kata kunci" yang lebih spesifik, misalnya : Harga mouse bekas. harga headset bekas, harga processor bekas atau harga memory bekas.

Dalam membeli komponen komputer seperti mouse, headset atau memory biasanya memang dijual dalam satuan, akan tetapi bila kita akan membeli processor harus diingat bahwa membeli processor tidak seperti membeli mouse, karena membeli processor harus juga kita memperhatikan heatsinknya atau kipas pendingin processor, jadi apabila membeli processor diupayakan dalam satu kesatuan yang utuh beserta heatsink dan kipas pendinginnya. Bila terjadi hanya membeli processor bekas maka kita akan kesulitan mencari pasangan yang cocok untuk heatsinknya karena masing-masing processor mempunyai spesifikasi khusus yang melekat dengan heatsinknya.

Baiklah sekarang kita akan uraikan dari awal mulai merakit komputer.

Perolehan dari Mall rongsok adalah :
1. Harddisk bekas kapasitas 80GB merk Seagate, SATA, 7200 rpm HDD, 3,5"


Coba perhatikan baik-baik harddisk yang kita dapat dari Mall rongsok itu. SATA atau IDE?
Dengan melihat fisiknya harddisk tersebut adalah HDD dengan interface SATA (akan kita bahas kemudian). Mengetahui jenis interface ini sangat penting karena akan berhubungan dengan kabel data yang akan menghubungkan harddisk tersebut dengan motherboardnya.

2. Casing bekas



Casing juga ada beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan seperti casing ATX, mATX, Mini ITX yang saat ini tidak kita persoalkan. (Kita bahas di lain kesempatan)

3. Monitor bekas



Untuk keperluan monitor tidak menjadi persoalan penting, perbedaannya hanya ada pada jenis CRT, LCD atau LED, jadi bisa kita lanjutkan.

4. Motherboard bekas


Motherboard Asrock 985GM GS3 FX socket AM3, DDR3, spesifikasi ini bisa dilihat jelas pada papan PCBnya, jadi kita lebih mudah mencocokan dengan kebutuhan Processornya. Ada yang perlu diketahui juga dalam motherboard ini yaitu masalah socket dan RAM memory yang harus cocok satu dengan yang lainnya.
(yang ini juga kita baru bisa bahas dilain waktu)
Jika tidak ada informasi yang didapat dari papan pcb ini (terhapus atau pudar karena barang bekas), maka kita akan mencari informasi melalui google dengan kata kunci : Asrock 985gm gs3 fx, maka kita akan tahu disana mengenai socket dan DDR yang dibutuhkan oleh motherboard ini.

5. Power Supply


PSU Simbadda 380W

Selanjutnya komponen lain seperti : Mouse, headset, processor dan memory bisa kita dapatkan dengan belanja online barang bekas. Jika tidak ada masalah dengan pihak penjual barang-barang bekas tersebut maka biasanya dalam waktu 3 hari sejak pembayaran barang yang dipesan sudah datang ke alamat kita.

Tips belanja online : Belanjalah di tempat belanja online terpecaya yang sudah terbukti kwalitas pelayanannya, seperti RAKUTEN, OLX atau BUKALAPAK yang selain menjual barang baru juga menjual barang-barang bekas. (setidaknya hanya itu yang saya tahu mengenai website belanja online, masih ada juga yang lain-lainya).

Jika melihat dari komponen yang berhasil didapat seperti tersebut diatas, maka kita akan mulai dengan membahas persoalan motherboardnya, karena disini letak dari "otak" komputer yang akan kita rakit.
Seperti tersebut diatas motherboardnya adalah Asrock 985GM GS3 AM3 DDR3, maka kita akan melihat seberapa jauh spesifikasi dari motherboard yang kita dapat ini :

Asrock 985GM-GS3 FX
CPUSupport for Socket AM3 processors: AMD Phenom™ II X6 / X4 / X3 / X2 / Athlon II X4 / X3 / X2 / Sempron processors
MemoryDual Channel DDR3 memory technology
Ukuran MotherboardMicro ATX form factor

Dengan melihat table spesifikasi diatas hasil dari mengutip spesifikasi yang dikeluarkan oleh Asrock, maka kebutuhan komponen komputer kita adalah Processor AMD Phenom atau Athlon X2 serta Memory DDR3.

Baiklah sekarang kita sudah punya seluruh komponen yang diperlukan untuk merakit komputer.
Kita akan memulainya dengan merakit bagian CPU : yaitu casing, motherboard, memory, harddisk dan power supply.

Pertama : Buka penutup casing, sehingga penampakan casing akan seperti dibawah ini.



Kedua : Memasang motherboard pada tempatnya.


Perhatikan lingkaran merah, disitulah posisi baut-baut motherboard dipasang

Ketiga : Memasang processor (memasang processor bisa dilakukan sebelumnya diluar casing)


Perhatikan pada saat pemasangan processor, pasang terlebih dahulu kepingan processor tepat pada kedudukan kaki-kakinya usahakan jangan sampai ada kaki yang terlipat, kalau terlanjur ada yang terlipat atau menekuk segera luruskan kembali dengan lembut agar tidak patah dan pasang kembali, berikan sedikit gel dipermukaan processor lalu tutup dengan heatsink dan kipasnya, kemudian kunci dengan pengait yang ada).

Keempat : Memasang power supply



Kelima : Memasang Harddisk


Keenam : Memasang memory


Ketujuh : Memasang kabel power


Perhatikan tempat pemasangan kabel-kabel, baik kabel dari power supply ataupun kabel data.
keterangan gambar :
point 1 : Tempat memasang kabel dari power supply pada motherboard berupa kabel power 24 pin
point 2 : Tempat memasang kabel dari power supply untuk power harddisk
point 3 : Tempat memasang kabel kipas heatsink
point 4 : Tempat memasang kabel data dari harddisk ke motherboard
point 5 : Tempat memasang kabel front panel pada motherboard
point 6 : Tempat memasang kabel USB/Sound dari casing ke motherboard

Kedelapan : Menutup casing CPU


Kesembilan : Memasang kabel



Perhatikan kotak berwarna merah, cara memasang kabel-kabel komputer pada back panel :
point 1 : Kabel Power AC
point 2 : PS2 ports (tempat kabel keyboard dan mouse apabila konektornya jenis PS2 port)
point 3 : VGA port (tempat kabel dari monitor)
point 4 : USB ports (tempat kabel keyboard dan mouse apabila konektornya jenis USB port)
point 5 : RJ45 port (untuk koneksi internet)
point 6 : Input/output jack untuk kabel speaker atau headset

Kesepuluh : Komputer sudah jadi dan perakitan selesai



Demikian ulasan singkat mengenai cara merakit komputer dengan budget barang-barang bekas, apabila ada yang kurang dipahami, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dan kami akan menjawab hingga kalian mengerti sepenuhnya.
Ikuti selanjutnya bahasan mengenai point-point dalam artikel ini (yang menggunakan huruf miring diatas) yang belum saya jelaskan dalam artikel lain yang berjudul : Penjelasan cara merakit komputer.

3 komentar:

  1. mantap dah artikelnya
    cordycepsplus.xyz

    BalasHapus
  2. terimaksih untuk informasinya.
    http://bit.ly/2C3ryha

    BalasHapus
  3. Misal di HDD bekas tsb sudah terinstal OS windows, apakah begitu dinyalakan akan masuk ke windows?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar dan sampaikan jika ada pertanyaan seputar artikel, kami akan menjawab sampai kalian benar-benar mengerti dan memahami.

FACEBOOK

TWEETER

YOUTUBE

Webmaster

Alexa